Benarkah Soal UMPN 2017 Lebih Mudah Dibanding SBMPTN?

3/18/2018
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Pendafataran UMPN 2017

Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) Politeknik Negeri Jakarta 2017 telah dilaksanakan di Depok, Jawa Barat pada Sabtu (20/5/2017). Penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Politeknik Nasional (UMPN) ini merupakan pola penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri yang dilaksanakan secara serempak seluruh politeknik negeri di Indonesia.

Penerimaan dilaksanakan secara nasional, namun pendaftaran mahasiswa baru menggunakan sistem penerimaan masing-masing politeknik. Melalui jalur ini siswa diseleksi berdasarkan kemampuan akademis (ujian tulis), dan tes kekhususan bagi pemilih program studi tertentu.

Seleksi masuk perguruan tinggi berbasis vokasional ini diselenggarakan serentak di seluruh politeknik negeri se-Indonesia setelah sebelumnya telah dilaksanakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada Senin (16/05) yang melibatkan perguruan tinggi berbasis universitas dan institut.

Bagamaina Penilaian Peserta UMPN 2017?
Gusniar Harahap, salah seorang peserta UMPN PNJ menilai, tingkat kesulitan soal yang diujikan pada seleksi masuk politeknik ini belum bisa menyaingi SBMPTN. “Saya telah mengikuti SBMPTN dan UMPN tahun ini dan menurut saya, ujian masuk politeknik ini tidak sesulit mengerjakan soal SBMPTN,” Kata Gusniar. “Hal ini mungkin karena perbedaan pada sistem dan kebijakan panitia UMPN dalam pelaksanaannya,” lanjutnya lagi.

Gusniar juga mengatakan bahwa pelaksanaan UMPN PNJ ini sudah cukup baik hanya saja ia memberikan sedikit catatan perlunya perbaikan terkait fasilitas penunjang bagi para calon mahasiswa baru.

Bagamaina Menurut Ketua Panitia UMPN 2017?
Ketua panitia UMPN 2017, Fachruddin mengatakan, pihaknya tidak membandingkan soal-soal UMPN yang telah dibuat dengan soal SBMPTN. “Pihak kami membuat soal berdasarkan materi yang diberikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Soal dibuat sesuai dengan forum politeknik seluruh Indonesia. Kami membuat sendiri dan tidak membandingkan,” Jelas Fachrudin.

Fachruddin juga menginformasikan mengenai pelaksanaan ujian seleksi masuk politeknik negeri seluruh Indonesia untuk tahun depan. “Tahun depan, ada rencana dari kemenristekdikti untuk menggabung seleksi tulis politeknik dengan universitas lain. Ini bagus untuk mempromosikan politeknik,” terang Fachruddin.

Sekretaris Jurusan 2 Teknik Grafika dan Penerbitan PNJ, Sulistiawati Thabrany menilai, tergabungnya politeknik dalam SBMPTN akan mampu menyetarakan pendidikan tinggi.

“Perlu adanya penyetaraan pendidikan tinggi, terutama untuk kampus berbasis politeknik dan akademi. Dalam hal ini, tergabung dalam SBMPTN mungkin bisa menjadi solusi,” tandasnya.

Bagamaina Menurut Admin Pendekar Edu?
Berdasar pengalaman admin mengikuti UMPN 2014 di Polines (Politeknik Negeri Semarang) dan SBMPTN 2014, soal umpn memang lebih mudah dari soal SBMPTN. Kalau admin bilang soal umpn itu seperti soal persiapan ujian nasional SMA.

Kesimpulan
Dapat dikatakan bahwasannya soal umpn lebih mudah dari soal sbmptn. Dengan catatan memahami dan mengusai materi jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).
Semoga melalui artikel singkat ini bisa menjadi informasi temen-temen dan tidak menganggap remeh mudahnya soal umpn itu sendiri.

Referensi :
mediaharapan.com

Berbagi soal-soal dan materi ujian masuk politeknik, info politeknik, sekaligus menjual Buku UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri). Silahkan BERDONASI , jika situs ini bermanfaat buat Anda.

Artikel Terkait

Previous
« Prev Post