Politeknik dan Persebarannya di Indonesia

February 19, 2019
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Setelah teman-teman sudah memasuki akhir ujian di SMA tentunya banyak sekali masukan dan tawaran untuk kuliah di universitas, sekolah tinggi, maupun institut. Tentunya, teman-teman harus mencari tahu hal tersebut sebagai pertimbangan. Nah, pada artikel ini akan dibahas apa itu politeknik dan persebaran politeknik di Indonesia.

pendaftaran politeknik

POLITEKNIK dalam pendidikan di Indonesia merupakan perguruan tinggi vokasi yang mempersiapkan peserta didik untuk siap kerja, pendidikan di politeknik tidak sama dengan universitas, pendidikan di universitas lebih menekankan teori daripada praktik, sedangakan di politeknik lebih banyak praktik dari pada teori, pengajaran di universitas 40 % praktik dan 60 % teori, sedangkan di politeknik 60 % praktik dan 40 % teori, maka dari itu lulusan politeknik lebih siap kerja dari pada di universitas.

Politeknik memang berfokus pada pelatihan vokasional, tapi perlu teman-teman tahu politeknik tidak hanya berfokus pada jurusan teknologi saja ya. Buktinya sekarang sudah ada politeknik pertanian dan lain sebagainya. Politeknik sendiri terbagi menjadi politeknik Negeri dan Swasta.

Beberapa jurusan yang sekarang sudah dibuka dibeberapa politeknik di Indonesia adalah keuangan dan perbankan (D3), bahasa inggris, hubungan masyarakat (D3), Manajemen pemasaran (D3), periklanan (D3), bidan pendidik (D4), keperawatan D3), komputerisasi akuntansi (D3) dan masih banyak yang lain.

Di indonesia sendiri kurang lebih ada 39 politeknik negeri yang tersebar di dua puluh dua provinsi. Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang paling banyak politeknik dibandingkan pulau lain yaitu sebanyak 14 politeknik negeri dan Jawa Timur merupakan provinsi terbanyak di Jawa.

Berikut ini beberapa politeknik yang ada di Indonesia :
1. Pulau Sumatra
Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Negeri Medan (POLMED), Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (POLITANI), Politeknik Negeri Bengkalis ( POLBENG), Politeknik Negeri Batam (POLIBATAM), Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, dan Politeknik Negeri Lampung.

2. Pulau Jawa
Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Media Kreatif (POLIMEDIA), Politeknik STMI, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, Politeknik Negeri Indramayu, Politeknik Negeri Subang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Maritim Negeri Indonesia Semarang, Politeknik Negeri Cilacap. Politeknik Negeri ATK Yogyakarta, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Negeri Madura, dan Politeknik Negeri Banyuwangi.

3. Pulau Kalimantan
Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), Politeknik Negeri Sambas, Politeknik Negeri Ketapang, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Tanah Laut, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

4. Pulau Sulawesi
Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan (PPNP), Politeknik Negeri Manado (POLIMDO), Politeknik Negeri Nusa Utara (POLINUSA), dan Politeknik Industri Logam Morowali (PILM).

5. Pulau Maluku dan Papua
Politeknik Negeri Ambon (POLNAM), Politeknik Perikanan Negeri Tual (POLIKANI), Politeknik Negeri Masohi, dan Politeknik Negeri Fakfak.

Adapun beberapa provinsi yang belum memiliki politeknik negeri yaitu provinsi Jambi, Bengkulu, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Daerah
Istimewa Yogyakarta dan Papua.

Jalur seleksi pada politeknik juga sama seperti perguruan tinggi yang lain yaitu ada PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan), dan SB-UMPTN (Seleksi Bersama-Ujian Masuk Politeknik Negeri). Biasanya Politeknik Negeri menyediakan biaya kuliah gratis dengan ikatan dinas dibawah peraturan kementrian. Salah satu politeknik tersebut adalah Politeknik Negeri Keuangan Negara atau STAN. Namun, tidak semua Politeknik menyediakan biaya kuliah gratis.

Semoga artikel di atas dapat membantu teman-teman untuk mengetahui lebih dalam terkait politeknik yang ada di Indonesia dan menjadi pertimbangan bagi teman-teman untuk memilih politeknik.

Berbagi soal-soal dan materi ujian masuk politeknik, info politeknik, sekaligus menjual Buku UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri). Silahkan BERDONASI , jika situs ini bermanfaat buat Anda.

Artikel Terkait

Previous
« Prev Post